Tips Untuk Mahasiswa Tahun Pertama Universitas

Apakah kamu gugup sebelum memulai tahun ajaran baru sebagai seorang mahasiswa? Tentu hampir semua mahasiswa baru sangat exited menunggu hari pertama mereka di perkuliahan, bukan? Tapi bagi kamu yang takut untuk memasuki dunia perkuliahan karena tidak tahu apa yang nanti akan kamu lakukan di sana, berikut ini kami akan membantu kamu untuk bisa lebih tahu apa saja hal yang sebaiknya dilakukan sebagai seorang mahasiswa baru.

1. Jangan Pernah Bolos

Tentu, ini mungkin hal yang sulit untuk dilakukan, tapi setidaknya berusaha untuk melakukannya. Kehadiran adalah tolak ukur paling bagus dari dosen untuk melihat apakah kamu niat berada di dalam mata kuliah yang diajarnya. Di universitas, banyak profesor atau dosen yang membuat kehadiran sebagai opsi mereka menambah nilai. Mahasiswa yang berusaha keras untuk menghadiri kelas, apa pun yang terjadi, dalam konteks ini menunjukkan jenis etos kerja yang akan menyiapkan mereka untuk sukses.

2. Jangan Pernah Minta Remedial

Berbeda dengan di sekolah, di universitas tidak semua dosen atau profesor suka dengan mahasiswa yang meminta remedial. Hal ini karena dosen lebih sibuk dari yang kamu pikirkan dan memberikan remedial akan mengambil banyak waktu mereka. Tetapi jika memang kamu meminta remedial karena ada hal penting yang membuat kamu tidak bisa mengerjakan ujian, tidak ada salahnya mencoba meminta dosen kamu tentang itu.

3. Jangan Pernah Mengirimkan Tugas Terlambat

Jika dosen memberikan tugas terkadang mereka memang tidak peduli seberat apa tugas yang mereka berikan. Meski demikian, kamu harus tetap mengumpulkannya tepat waktu. Jika seorang mahasiswa tidak pernah mengumpulkan tugasnya terlambat, maka ini bisa menjadi poin lebih di mata dosen. Hal ini karena ketekunan dan keuletan dinilai lebih di mata mereka. IPK memang penting, tapi jika dosen tidak suka dengan kamu maka mungkin IPK kamu pun akan rendah karenanya.

4. Jangan Plagiat Tugas

Tidak ada hal yang lebih buruk dari pada melakukan plagiat tugas. Mahasiswa yang tertangkap melakukan plagiat tugas mungkin mengatakan kalau mereka tidak melakukannya, tetapi dosen lebih tahu tentang hal tersebut. Jangan sampai kamu tertangkap melakukan ini oleh dosen kamu, karena ini bisa menjadi tamparan keras untuk nilai kamu nantinya.

Mereka menilai kamu sebagai orang yang tidak mau bertanggung jawab dengan tugas dan mau gampang saja. Tidak peduli jika kamu mengubah sedikit dari yang kamu salin tersebut, tetap saja ini adalah plagiat. Ada baiknya untuk kamu membuat sendiri tugas kamu dengan sumber yang sudah disarankan oleh dosen.

5. Jangan Takut untuk Meninggalkan Kelas

Kampus memiliki banyak aturan dan prosedur yang membuat kamu mungkin meninggalkan kelas jika kamu tidak suka dengan kelas tersebut. Hal ini karena tidak setiap dosen dan mata kuliah cocok dengan mahasiswa. Jadi jika kamu tidak suka dengan kelas tersebut dan merasa tidak memiliki koneksi dengannya, maka tak apa untuk meninggalkannya jika memang aturan di kampus kamu memperbolehkannya.

Itulah beberapa hal yang ada di kampus yang mungkin kamu butuhkan sebagai anak baru.