Bagaimana Cara Mendemonstrasikan Keunggulan Akademik ke Harvard?

Havard merupakan kampus tertua yang ada di Amerika Serikat dan mungkin yang paling bergengsi juga. Berlokasi di Cambridge, Massachusetts, Harvard telah menghasilkan presiden AS, CEO Fortune 500, dan aktor pemenang Academy Award.

Standart penerimaan Harvard sangatlah ketat, dan kompetisi untuk bisa diterima di sekolah sangat garang. Para pelajar berharap bisa pergi ke Harvard mereka harus memiliki pondasi akademik dan penghargaan ekstrakulikuler lebih awal pada saat di SMA dan bisa menjaga kestabilannya sampai mereka lulus.

Menjaga kestabilan IPK. Meskipun petugas penerimaan tidak akan mendobrak pintu kamu hanya karena kamu memiliki IPK yang hampir sempurna, memiliki nilai yang sangat baik akan membuat kamu terus maju untuk masuk ke perguruan tinggi.

Kebanyakan pendaftar di Harvard termasuk ke dalam 10-15% teratas di kelas mereka, jadi kamu harus memiliki tujuan untuk berada pada range ini jika memang ingin mendaftarkan diri. Jika IPK kamu di bawah ini, bagian lain dari lamaran kamu harus bisa sangat menarik untuk menutupi kekurangan ini.

Jika mereka menawarkan kamu di sekolah, ambil kursus AP. Dalam kata lain, ambil kursus yang paling menantang yang bisa kamu tangani, karena kamu berada pada kelas AP ace, ini akan menunjukkan kalau kamu siap untuk memiliki ketelitian kursus di Harvard. Bagaimanapun, jika kamu memiliki nilai yang buruk, seperti C atau di bawahnya di kurses ini, mungkin lebih baik kamu mengambil kelas biasa dan mendapatkan nilai yang lebih baik, seperti A atau B.

Memiliki nilai yang tinggi di SMA seakan menunjukkan ke petugas penerimaan mahasiswa kalau kamu adalah seorang pekerja keras dan kamu akan bisa terus mengikuti sulitnya belajar di Harvard. Kamu bisa menunjukkan kalau kamu lebih menonjol di bagian lain yang ada di lamaran kamu.

Kamu juga harus menunjukkan dengan baik betapa bagusnya semua nilai mata pelajaran kamu. Meskipun kamu bisa lebih kuat di suatu pelajaran dan lemah di pelajaran lainnya, kamu harus menjadi seorang siswa yang sangat ahli di berbagai mata pelajaran di berbagai kelas.

Jangan sedih jika IPK kamu tidak setinggi yang kamu harapkan. Kalau nilai kamu mengalami peningkatan dari saat kamu masih murid baru sampai kamu lulus dan hendak mendaftar, maka si penerima murid baru mungkin akan merasa takjub dengan pencapaian kamu. Dan jika ada kekurangan di nilai kamu dikarenakan situasi personal, maka kamu bisa menjelaskannya di essai kamu.

Harvard memang merupakan kampus ternama yang di mana hampir semua orang tidak percaya bisa masuk dan menjadi mahasiswa di sana. Tapi itu bukan berati menjadi mahasiswa Harvard adalah hal yang tidak mungkin. Terus berjuang sampai kamu bisa mendapatkannya.