Fakta Menarik Mahasiswa Oxford yang Perlu Kamu Ketahui!

Rasanya sudah bukan lagi rahasia kalau universitas Oxford merupakan salah satu universitas terbaik di dunia, terutama di Inggris. Kampus ini memiliki kualitas pendidikan yang memang tidak bisa dianggap remeh. Bahkan untuk bisa masuk ke kampus ini, membutuhkan perjuangan yang tinggi.

Lalu kira-kira seperti apa sih kegiatan dari para mahasiswa Oxford yang belajar di kampus bergengsi ini?

1.Sistem Tutorial Untuk Berdiskusi

Hampir semua kampus yang ada di Inggris menggunakan metode pembelajaran yang disampaikan oleh dosen dengan menggunakan seminar. Yang berbeda di Oxford, kampus lebih menggunkaan sistem tutorial untuk mengajarkan materi kepada para siswanya. Sistem ini merupakan metode yang lebih fokus ke kelompok kecil.

Biasanya sesi ini akan dilakukan selama dua kali satu minggu. Pada kegiatan tersebut, mahasiswa akan mengkaji kembali dan juga menuliskan essai 2000 kata. Kemudian mereka akan mendiskusikannya dengan tutor di kelompok mereka.

2. Membuat Essai 2000 Kata

Seperti skripsi setiap saat, mahasiswa Oxford diharuskan untuk membuat essai sebagai 2000 kata. Mereka pun tidak bisa asal memasukkan materi ke dalam essai tersebut, karena harus disertai dengan tambahan literatur kredibel. Setelah menyelesaikan satu essai, akan ada essai lain yang harus dikerjakan. Jadi ini membuat mahasiswa Oxford sangat rajin untuk mengunjungi kampus.

3. Persaingan Antar Asrama

Apakah kamu ingat film Harry Potter yang memiliki 4 asrama dan saling bersaing memperebutkan poin? Uniknya di Oxford ada hal sejenis. Terdapat 38 college atau asrama yang terdapat di Oxford. Di sini para mahasiswa Oxford belajar, tinggal, makan, dan juga melakukan sosialisasi dengan mahasiswa lainnya.

Setiap asrama memiliki ciri khas utama mereka sendiri dan tidak jarang terlibat melakukan kegiatan outdoor. Benar-benar mengingatkan kita dengan Hogwards, ya!

4. Memiliki Tradisi Unik

Seperti kampus lainnya, di Oxford semuanya tidak berpusat pada belajar. Mereka juga memiliki tradisi unik yang jarang dimiliki oleh kampus lain, salah satunya adalah makan malam mewah dengan menggunakan jubah akademik. Ini tentunya menjadi acara yang paling dinantikan oleh para mahasiswa Oxford.

Selain itu terdapat juga tradisi saling menyemprotkan busa saat selesai menyelesaikan ujian akhir. Ini adalah cara mereka merayakan keberhasilan mereka.

5. Menggunakan Setelan Subfusc Saat Acara Penting

Setelan dengan nama subfusc merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki oleh Oxford. Busana yang didominasi warna hitam dan putih ini merupakan pakaian yang wajib digunakan ketika sedang ujian, hari penerimaan mahasiswa baru, sampai wisuda kelulusan mahasiswa Oxford. Mungkin kalau di Indonesia, setelan ini adalah almet kampus, ya.

Nah, itulah beberapa fakta menarik seputar kehidupan dari mahasiswa Oxford yang menarik untuk diketahui. Mungkin gaya hidup mahasiswa Oxford ini bisa menjadi pancingan untuk kamu belajar lebih giat sehingga bisa masuk Oxford.